Tim RBI PPPPTK PKn dan IPS Ikuti Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pejabat struktural di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) tengah mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi selama tiga hari (Rabu sampai dengan Jumat, 7 – 9 Februari 2018) di The Belezza Suite, Jakarta Selatan. Pejabat struktural PPPPTK PKn dan IPS yang hadir sebagai peserta kegiatan ini adalah: 
  1. Drs. Harnoko, M.Pd., Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga
  2. M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., Kasi Penyelenggaraan
Drs. Harnoko, M.Pd. dalam kegiatan Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Internal Kemendikbud Tahun 2018.
Drs. Harnoko, M.Pd. dalam kegiatan Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Internal Kemendikbud Tahun 2018.
Pembukaan kegiatan Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Ditjen GTK Kemendikbud.
Pembukaan kegiatan Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Ditjen GTK Kemendikbud.

Narasumber dari itjen memaparkan materi.
Narasumber dari itjen memaparkan materi.

Kegiatan ini bertujuan menyusun program kerja Reformasi Birokrasi Internal tahun 2018. Sebagai narasumber, panitia kegiatan rakor menghadirkan Agam Bayu yang merupakan Kabag Hukum, Tata Laksana, dan Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kemendikbud sebagai pembina program reformasi birokrasi di lingkungan Kemendikbud. Agam Bayu menyampaikan tentang delapan area perubahan reformasi birokrasi sesuai Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 yang tertuang dalam PERMEN PAN-RB No. 11 Tahun 2015. Dalam Road Map tersebut ditetapkan tiga sasaran yaitu: birokrasi yang bersih dan akuntabel; birokrasi yang efektif dan efisien; serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas. Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi tersebut, ditetapkan delapan area perubahan reformasi birokrasi, yaitu mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM aparatur, peraturan perundang-undangan, serta pelayanan publik.

Selain dari Itjen Kemendikbud, diundang pula narasumber dari satker di lingkungan Ditjen GTK penerima sertifikat penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yaitu PPPPTK BOE, LPMP Jawa Tengah, dan BP PAUD DIKMAS Jawa Timur. Dengan sharing, narasumber itu diharapkan dapat menularkan best practice lembaganya kepada seluruh perserta lain. (tca)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI