Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui pelatihan keterampilan teknis dan manajerial sehingga tenaga kependidikan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikannya.
Manfaat
Dari Pelatihan Tenaga Kependidikan ini, para peserta akan mendapatkan bekal keterampilan teknis dan manajerial tenaga kependidikan sebagai berikut:| Tenaga Administrasi Sekolah | Tenaga Perpustakaan Sekolah | Tenaga Laboratorium Sekolah |
|---|---|---|
| Layanan Administrasi Satuan Pendidikan dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan | Perencanaan Strategis Perpustakaan Sekolah | Perencanaan Kegiatan Laboratorium |
| Pelayanan Prima | Pengembangan dan Pengorganisasian Bahan Perpustakaan | Pengelolaan Alat dan Bahan Laboratorium |
| Penyusunan Program Kerja dan Pelaporan | Layanan dan Promosi Perpustakaan | Pelaporan Kegiatan Laboratorium |
| Etos Kerja, Kreativitas dan Inovasi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah | Program Literasi Informasi | Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) |
Sasaran Gelombang I
Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan Provinsi Jawa Timur (BBGTK Jatim) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyelenggarakan Pelatihan bagi Tenaga Kependidikan berikut ini secara luring dengan sasaran Tenaga Kependidikan Jawa Timur, dari ASN (PNS maupun PPPK) atau tenaga honorer (satuan pendidikan negeri maupun swasta)** yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dan telah terdaftar di Dapodik dengan detail sebagai berikut:
- tenaga administrasi sekolah meliputi: kepala/staf tenaga administrasi (120 orang)
- tenaga perpustakaan sekolah (64 orang)
- tenaga laboratorium sekolah (32 orang)
Keterangan:
- Sasaran pelatihan pada gelombang ini untuk tenaga kependidikan murni, BUKAN tenaga kependidikan yang berasal dari guru.
- Pelatihan Tenaga Kependidikan untuk Operator Sekolah, Tenaga Urusan Keuangan, Tenaga Keamanan, Tenaga Kebersihan dilaksanakan pada gelombang berikutnya.
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Pelatihan Tenaga Kependidikan dilaksanakan secara:
- mandiri melalui LMS Ruang GTK yang dapat diselesaikan dalam rentang 7 hari mulai H-7 sebelum pelatihan tatap muka dimulai.
- tatap muka klasikal selama 5 hari (jadwal pelatihan tatap muka dapat dibaca di bawah)
Persyaratan Calon Peserta
- Berpendidikan minimal SMA/SMK
- Memiliki akun belajar.id
- Mengunggah SK Pembagian tugas tahun pelajaran 2025/2026
- Membuat deskripsi singkat aktivitas pekerjaan yang dilakukan setiap hari di sekolah
Pelatihan Tenaga Laboratorium Sekolah
| No. | Substansi Materi | Jam Pelajaran Mandiri | Jam Pelajaran Klasikal |
|---|---|---|---|
| A | UMUM | ||
| 1 | Kebijakan Kementerian | 2 | |
| B | POKOK | ||
| 1 | Modul 1: Peran Tenaga Laboratorium Sekolah dalam Pembelajaran | 3 | 2 |
| 2 | Modul 2. Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboratorium Sekolah | 3 | 19 |
| 3 | Modul 3. Pengembangan Jejaring dan Kolaborasi | 3 | 2 |
| 4 | Studi Lapangan Sekolah Rujukan | 8 | |
| 5 | Refleksi Hasil studi lapangan | 2 | |
| C | PENUNJANG | ||
| 1 | Penggunaan Learning Management System | 2 | |
| 2 | Rencana Tindak Lanjut Pelatihan | 2 | |
| 3 | Evaluasi Pembelajaran dan Penyelenggaraan Pelatihan | 1 | |
| 4 | Tes Awal | 1 | |
| 4 | Test Akhir | 1 | |
| Total Jam Pembelajaran | 9 | 42 |
Pelatihan Tenaga Perpustakaan Sekolah
| No. | Substansi Materi | Jam Pelajaran Mandiri | Jam Pelajaran Klasikal |
|---|---|---|---|
| A | UMUM | ||
| 1 | Kebijakan Kementerian | 2 | |
| B | POKOK | ||
| 1 | Modul 1: Peran Tenaga Perpustakaan Sekolah dalam Pembelajaran | 3 | 2 |
| 2 | Modul 2. Peningkatan Kompetensi Tenaga Perpustakaan Sekolah | 3 | 19 |
| 3 | Modul 3. Pengembangan Jejaring dan Kolaborasi | 3 | 2 |
| 4 | Studi Lapangan Sekolah Rujukan | 8 | |
| 5 | Refleksi Hasil studi lapangan | 2 | |
| C | PENUNJANG | ||
| 1 | Penggunaan Learning Management System | 2 | |
| 2 | Rencana Tindak Lanjut Pelatihan | 2 | |
| 3 | Evaluasi Pembelajaran dan Penyelenggaraan Pelatihan | 1 | |
| 4 | Tes Awal | 1 | |
| 4 | Test Akhir | 1 | |
| Total Jam Pembelajaran | 9 | 42 |
Pelatihan Tenaga Administrasi Sekolah
| No. | Substansi Materi | Jam Pelajaran Mandiri | Jam Pelajaran Klasikal |
|---|---|---|---|
| A | UMUM | ||
| 1 | Kebijakan Kementerian | 2 | |
| B | POKOK | ||
| 1 | Modul 1: Peran Tenaga Administrasi Sekolah dalam Pembelajaran | 3 | 2 |
| 2 | Modul 2. Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah | 3 | 19 |
| 3 | Modul 3. Pengembangan Jejaring dan Kolaborasi | 3 | 2 |
| 4 | Studi Lapangan Sekolah Rujukan | 8 | |
| 5 | Refleksi Hasil studi lapangan | 2 | |
| C | PENUNJANG | ||
| 1 | Penggunaan Learning Management System | 2 | |
| 2 | Rencana Tindak Lanjut Pelatihan | 2 | |
| 3 | Evaluasi Pembelajaran dan Penyelenggaraan Pelatihan | 1 | |
| 4 | Tes Awal | 1 | |
| 4 | Test Akhir | 1 | |
| Total Jam Pembelajaran | 9 | 42 |
Tautan Pendaftaran Calon Peserta
Waktu pendaftaran: 10 s.d. 20 September 2025
Tautan pendaftaran: https://s.id/RegistrasipelatihanTendik2025
Linimasa
| No. | Uraian | Keterangan | Waktu |
|---|---|---|---|
| 1 | Rapat Koordinasi Persiapan Pelatihan Tendik di UPT oleh Direktorat KSPS dan Tendik (BBGTK dan BGTK seluruh Indonesia) | Jakarta | 19 s.d. 21 Agustus 2025 |
| 2 | Rapat Koordinasi Bersama Tim Kerja di BBGTK Jawa Timur | Kantor BBGTK Jawa Timur | 02 September 2025 |
| 3 | Rapat Koordinasi Bersama Dinas dan Cabang Dinas di Wilayah Jawa Timur | Secara Daring | Rabu, 10 September 2025 |
| 4 | Sosialisasi dan Open Rekruitmen Calon Peserta Pelatihan | Melalui media sosial BBGTK Jawa Timur | 10 s.d. 20 September 2025 |
| 5 | Seleksi oleh tim BBGTK Jawa Timur | Kantor BBGTK Jawa Timur | 24 s.d. 26 September 2025 |
| 6 | Penetapan daftar peserta dan pengumuman | Secara daring | 29 September 2025 |
| 7 | Pengecekan akun belajar.id peserta yang lolos seleksi dan pembuatan kelas LMS | Tim data dan admin LMS | 1 s.d. 10 Oktober 2025 |
| 8 | Pelaksanaan Pelatihan Tenaga Laboratorium Sekolah | - | 20 s.d. 24 Oktober 2025 |
| 9 | Pelaksanaan Pelatihan Tenaga Perpustakaan Sekolah | - | 27 s.d. 31 Oktober 2025 |
| 10 | Pelaksanaan Pelatihan Tenaga Administrasi Sekolah | - | 30 Oktober s.d. 3 November 2025 |
| 11 | Pleno dan pengumuman kelulusan | Tim Fasilitator |
Prosedur Registrasi Peserta Peningkatan Kompetensi
Peserta yang lolos seleksi dan menjadi peserta pelatihan akan melalui prosedur registrasi pelatihan berikut:
- Membawa Surat Tugas untuk mengikuti kegiatan tersebut dari Dinas Pendidikan/Cabang Dinas Pendidikan terkait;
- Membawa Laptop untuk kegiatan pembelajaran, Obat-obatan dan keperluan pribadi lainnya;
- Selama pelatihan berlangsung, peserta memakai pakaian bebas, rapi, dan sopan (kemaja/batik), dan bersepatu serta tidak diperkenankan untuk membawa keluarga/teman;
- Transportasi Peserta diberikan secara at cost (bila instansi di luar Kab./Kota dari tempat pelaksanaan kegiatan) sesuai ketentuan yang berlaku, dengan menyerahkan bukti-bukti perjalanan yang sah dengan ketentuan sebagai berikut:
- Menyerahkan bukti biaya transportasi darat melalui kuitansi yang sah (bukan hasil jepretan/foto) berupa tiket Pulang dan tiket Pergi (masing-masing terpisah) kendaraan umum (Bus Kereta Api, Travel) yang sudah tercantum nominal. Untuk kuitansi manual harus distempel. Apabila menggunakan transportasi Kereta Api, Boarding Pass keberangkatan juga diserahkan ke Panitia saat registrasi. Ketentuan tarif tiket Kereta Api dan Bus maksimal kelas Eksekutif.
- Menyerahkan bukti kuitansi Transportasi Darat dari Tempat Kedudukan ke Stasiun/Terminal dan dari Stasiun/Terminal ke tempat Tugas kepada panitia dengan maksimal sesuai dengan ketentuan Standar Biaya (SBM).
- Apabila menggunakan kendaraan pribadi, wajib menyetorkan bukti pembelian BBM dan bukti perjalanan lewat tol (struk yang keluar dari gerbang tol) jika melewati tol dengan tidak melebihi batas maksimal SBM/nilai kewajaran serta tidak diperkenankan menggunakan kendaraan sewa atau rental.
- Bagi yang tidak menyerahkan kuitansi sebagai bukti perjalanan dinas/transport yang sah, maka panitia tidak dapat memberikan penggantian terhadap biaya perjalanan dinas yang dilakukan.
Pembiayaan
Seluruh biaya Pelatihan Tenaga Administrasi Sekolah, Pelatihan Tenaga Perpustakaan, dan Pelatihan Tenaga Laboratorium ini dibebankan pada DIPA BBGTK Jawa Timur Tahun 2025/2026. Peserta tidak dipungut biaya apapun (GRATIS).
| Tenaga honorer | : | seseorang yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas tertentu pada instansi pemerintah atau yang penghasilannya menjadi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, termasuk guru bantu, guru honorer, guru wiyata bhakti, pegawai honorer, pegawai kontrak, pegawai tidak tetap, dan lain-lain yang sejenis dengan itu. (dalam Pasal 1 dan Penjelasan Umum PP Nomor 48 Tahun 2005, dan untuk honorer swasta tersirat dalam Pasal 25 ayat 3 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen) |





Diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antarorganisasi/antarbagian untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan