Unggah file di G-Form Pendaftaran Ditolak Server (Server Rejected)

Ada beberapa keluhan yang masuk dari Ibu/Bapak Guru dan Tenaga Kependidikan. Keluhannya adalah File Ditolak Server (Server Rejected) pada saat diunggah di suatu G-Form Pendaftaran. Berikut ini salah satu screenshot yang masuk:

Unggah file di G-Form Pendaftaran Ditolak Server (Server Rejected)

Untuk mengatasinya, tiga cara berikut ini mungkin dapat mengatasi masalah Unggah file di G-Form Pendaftaran Ditolak Server (Server Rejected). Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kapasitas file Anda tidak melebihi dari yang dipersyaratkan dalam Google Form yang Anda sedang isi.

Refresh Browser

Muat ulang halaman Google Forms dengan mengeklik tombol REFRESH atau MUAT ULANG pada browser, dan periksa kembali apakah masalah pengunggahan file yang ditolak bisa teratasi.

Bersihkan Cache Browser 

Ketika Anda mengunjungi sebuah situs web atau menggunakan sebuah aplikasi, cache akan menyimpan salinan dari data yang sering digunakan, seperti gambar, teks, atau skrip. Saat Anda kembali mengakses situs atau aplikasi tersebut, data yang dibutuhkan diambil dari cache, bukan dari sumber aslinya. Ini menghasilkan proses yang lebih cepat karena data sudah tersimpan di lokasi yang lebih mudah dijangkau. Namun, data salinan yang terkumpul dalam cache dapat menyebabkan memory penuh. Untuk membersihkan cache browser, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik/tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas browser dan pilih Pengaturan atau Settings.
  2. Klik/tekan Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security.
  3. Pada bagian Privasi atau Privacy, pilih Hapus Data Penjelajahan atau Delete Browsing Data (histories, cookies, site data, cache).
  4. Centang pada bagian Gambar dan File di Cache atau Cached images and files (Jika Ada ingin, Anda jua bisa mencentang bagian Data Penjelajahan atau Browsing History), lalu tekan tombol Hapus Data atau Delete Data.

Periksa Kapasitas Penyimpanan Anda

Akun Google memiliki ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang memuat seluruh data layanan Google yang Anda manfaatkan terkait dengan akun tersebut, seperti Google Drive, Google Form, Google Docs, Google Photos, dan Gmail. Semua itu tersimpan dalam Google Drive. Oleh karena itu, cobalah mengecek apakah ruang penyimpanan akun Google Anda sudah penuh dengan mengakses Google Drive. Jika sudah penuh, di situ akan ada peringatan bahwa Ruang Penyimpanan Anda Penuh atau Hampir Penuh. Hal itu mengakibatkan file yang di G-Form Pendaftaran Ditolak Server (Server Rejected).

Apabila ruang penyimpanan Anda penuh, Anda dapat mengatasi masalah unggah file itu dengan tiga cara:

  1. Menghapus file yang tersimpan di dalamnya. 
  2.  Membeli ruang penyimpanan tambahan pada Google

Apabila Anda tidak ingin melakukan keduanya, maka Anda dapat menggunakan Akun Google lain yang masih mempunyai ruang penyimpanan yang cukup dengan mengganti akun pada Google Form yang Anda isi yaitu dengan mengeklik tombol GANTI AKUN atau SWITCH ACCOUNT pada bagian bawah judul google form sebagaimana bagian yang diberi kotak merah pada screenshot di bawah ini:

Unggah file di G-Form Pendaftaran Ditolak Server (Server Rejected)

Selanjutnya pilih akun lain yang Anda miliki, lalu cobalah kembali mengunggah filenya. Demikian cara mengatasi masalah ditolaknya file oleh server saat diunggah ke  G-Form Pendaftaran.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI