Lantik Pejabat Kemendikdasmen, Mendikdasmen Abdul Mu'ti Ingatkan Pentingnya Kesederhanaan

 Jakarta, 11 September 2025 – Sebagai upaya dalam menguatkan kapasitas untuk mendorong kualitas pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus meningkatkan kualitas pegawai dengan melantik 6 orang pejabat manajerial jabatan pimpinan tinggi pratama, 27 orang administrator, dan 27 orang pegawas pada Kamis, 11 September 2025 di Jakarta. Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti, sekaligus menandai dan mendukung langkah guru dan tenaga kependidikan di Indonesia agar semakin baik. 

Lantik Pejabat Kemendikdasmen, Mendikdasmen Abdul Mu'ti Ingatkan Pentingnya Kesederhanaan

Menteri Mu’ti menyampaikan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik. Ia menegaskan bahwa jabatan yang diemban adalah amanah besar yang harus dipertanggungjawabkan tidak hanya secara administrasi, tetapi juga secara moral, sosial, dan spiritual kepada masyarakat serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Selamat dan semoga momentum pelantikan ini menjadi tonggak baru untuk bekerja lebih baik, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan mewujudkan visi besar Kemendikdasmen,” ujar Menteri Mu’ti dalam sambutan yang disampaikan di Plaza Insan Berprestasi, Komplek Kemendikdasmen pada Kamis (11/9).

Lantik Pejabat Kemendikdasmen, Mendikdasmen Abdul Mu'ti Ingatkan Pentingnya Kesederhanaan

Selain itu, ia menuturkan bahwa perubahan nama dari Balai Guru Penggerak menjadi Balai Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah dilakukan pada awal tahun 2025, sebagai upaya untuk menerjemahkan Astacita Presiden Prabowo dalam melaksanakan visi dan misi Kemendikdasmen. Presiden menegaskan pentingnya memberikan pelayanan kepada guru, tenaga kependidikan, administrator, dan pustakawan, karena termasuk bagian dari insan pendidikan yang berkontribusi penting dalam mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua.

"Perubahan nama bukan hanya sekadar mengganti nama atau asal yang berbeda, tetapi salah satu upaya kita bersama-sama untuk memberikan layanan pendidikan sesuai dinamika yang terjadi dalam masyarakat,” tutur Menteri Mu'ti. 

Lantik Pejabat Kemendikdasmen, Mendikdasmen Abdul Mu'ti Ingatkan Pentingnya Kesederhanaan

Menteri Mu’ti juga menekankan pentingnya hidup sederhana sebagai wujud kepekaan terhadap kondisi masyarakat serta sebagai cerminan keteladanan aparatur negara. Ia mengingatkan agar para pejabat senantiasa hadir dekat dengan masyarakat, menjadi “elit yang tidak elitis”, serta mengedepankan pelayanan publik yang memudahkan, bukan mempersulit.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Mu’ti berharap pelantikan tersebut semakin memperkuat semangat pengabdian seluruh pejabat di lingkungan Kemendikdasmen. “Mari kita bersama-sama menjadikan kementerian ini sebagai teladan, tidak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi juga dalam budaya pelayanan publik yang ramah, sederhana, dan berintegritas,” pungkasnya. 

Mendikdasmen Kembali Lantik Dr. Abu Khaer, M.Pd. dan M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., M.M.

Mendikdasmen Kembali Lantik Dr. Abu Khaer, M.Pd. dan M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., M.M.

Dalam seremoni ini, Mendikdasmen juga melantik kembali Dr. Abu Khaer, M.Pd.sebagai Kepala dan M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., M.M. Kepala Bagian Umum BBGTK Provinsi Jawa Timur. Dengan pelantikan ini, kedua sosok yang bersama memimpin transformasi BBGTK Provinsi Jawa Timur itu dipercaya kembali untuk melanjutkan upaya pembangunan BBGTK Provinsi Jawa Timur sebagai rumah pendidikan bagi guru dan tenaga kependidikan Jawa Timur.  

Mendikdasmen Kembali Lantik Dr. Abu Khaer, M.Pd. dan M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., M.M.

***

Sumber: Siaran Pers Nomor: 533/sipers/A6/XI/2025 Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program PPG
    Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024, Kemendidkasmen menyatakan:
  1. . PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan peserta sebanyak 90.487, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta.
  2. Total keseluruhan peserta PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 adalah sebanyak 606.601 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Dan menjadi pelaksanaan Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
  3. PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 menjadi transformasi besar PPG bagi Guru Tertentu dan upaya percepatan sertifikasi guru dengan sasaran lebih besar dan dapat mendukung penuntasan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  4. Kemendikdasmen terus mengupayakan penuntasan sertifikasi bagi 1.3 juta guru dan berharap semua guru di Indonesia telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) paling lambat di tahun 2026
  5. Penyelenggaraan program PPG bagi Guru Tertentu dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan penugasan terstruktur secara daring, tanpa memungut biaya pada peserta atau gratis, karena sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  6. Saat ini, terdapat sekitar 480 ribu guru yang mengikuti seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu yang telah dilaksanakan pada 28 November hingga 20 Desember 2024 melalui aplikasi SIMPKB.
Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI