Panduan Kendala Otentikasi Ganda Akun Jejaring Data Pendidikan

Untuk meningkatkan perlindungan dan keamanan data, Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemendikdasmen RI telah menerapkan otentikasi ganda (two-factor authentication) pada seluruh proses login Single Sign-On (SSO) ke semua akun Jejaring Data Pendidikan (Verval, Manajemen Ijazah, dll.). Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah penerapan otentikasi sesuai panduan namun masih mengalami kendala, silakan cek tips penyelesaian untuk beberapa kendala otentikasi berikut:

Kode QR Tidak Muncul

Jika kode QR tidak muncul pada saat Anda login, harap pastikan terlebih dulu bahwa Anda masih terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Jika kode masih tidak ditampilkan, silakan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk melakukan reset secret key melalui Admin Instansi Dinas Pendidikan.

Catatan:

  • Apabila Anda sebagai Admin Instansi Dinas Pendidikan yang mengalami kendala ini, harap berkoordinasi dengan Pusdatin untuk melakukan reset secret key.
  • Untuk sekolah di bawah naungan Kemenag, silakan berkoordinasi dengan pihak Kemenag sesuai dengan jenjang masing-masing.

Cara Reset Secret Key

Jika kode QR tidak muncul saat login, pengguna diharuskan untuk berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk melakukan reset secret key. Aktivitas reset secret key ini hanya bisa dilakukan oleh Admin Instansi Dinas Pendidikan dengan:

  1. Login ke https://sdm.data.kemdikbud.go.id kemudian pilih ‘Satuan Pendidikan’ pada menu ‘Instansi’. 
    reset secret key oleh Admin Instansi Dinas Pendidikan
  2. Masukkan NPSN dari pengguna yang mengalami kendala kemudian klik tombol ‘Detail’. 
    reset secret key oleh Admin Instansi Dinas Pendidikan

  3. Pilih pengguna yang akan dilakukan reset secret key. Pada profil pengguna, klik tombol ‘Pengaturan’ lalu pilih ‘Reset Secret Key (QR Code)’. 
    reset secret key oleh Admin Instansi Dinas Pendidikan

Proses Otentikasi Tidak Berhasil

Harap pastikan bahwa Anda telah mengikuti langkah-langkah otentikasi sesuai dengan panduan. Penting diingat:

  1. Pastikan Anda sudah terhubung dengan jaringan internet saat melakukan otentikasi.
  2. Harap menggunakan aplikasi Google Authenticator atau Microsoft Authenticator.
  3. Enam digit kode otentikasi secara otomatis akan berubah setiap 30 detik, pastikan kode yang Anda masukkan sudah sesuai dalam waktu yang tersedia.

Jika masih mengalami kendala, silakan untuk mengirimkan laporan melalui formulir pengaduan berikut ini: 

Formulir Pengaduan Unit Layanan Terpadu Kemendikdasmen

***

Sumber: Pusat Informasi ULT Kemendikdasmen

Share:

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI