Tim RBI Sosialisasikan hasil Rakor Pelaksanaan RBI

Sebagai tindak lanjut kegiatan Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Internal yang telah diikuti selama tiga hari (Rabu sampai dengan Jumat, 7 – 9 Februari 2018) di The Belezza Suite, Jakarta Selatan, tim TBI PPPPTK PKn dan IPS mengadakan Sosialisasi tentang Reformasi Birokrasi Internal pada Rabu, 21 Februari 2018. Ada dua hal pokok yang disampaikan dalam kegiatan ini, yaitu Prosedur Operasional Standar (POS) dan E-Office (administrasi untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi). Bapak Nasikh Lil Sidi, Kasi Pengelenggaraan, dan Bapak Harnoko, Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga, menyampaikan urgensi untuk melengkapi atau merevisi POS yang sudah ada sesuai tuntutan proses bisnis mutakhir, begitu pula untuk segera mengimplementasikan E-Office berupa SIM.

Bapak Nasikh Lil Sidi, Kasi Pengelenggaraan, menyampaikan urgensi kepatuhan untuk menjalankan Prosedur Operasional Standar (POS).
Bapak Nasikh Lil Sidi, Kasi Pengelenggaraan, menyampaikan urgensi kepatuhan untuk menjalankan Prosedur Operasional Standar (POS).

Harnoko, Kasubbag TURT, memaparkan implementasi SIM e-Office di Ditjen GTK.
Harnoko, Kasubbag TURT, memaparkan implementasi SIM e-Office di Ditjen GTK.


Sosialisasi SIMPeL, SIM Pengadaan Langsung yang merupakan SIM terbaru yang diimplementasikan Kemendikbud
Sosialisasi SIMPeL, SIM Pengadaan Langsung yang merupakan SIM terbaru yang diimplementasikan Kemendikbud

Ada dua SIM yang diperkenalkan dan segera diimplementasikan, yaitu SIMPEL (Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung) dan SIM Persuratan. SIMPeL merupakan sistem yang dibangun untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara elektronik dan mengelola database hasil pengadaan langsung. Basis data hasil pengadaan yang dikelola melalui aplikasi SIMPeL juga dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan evaluasi pengadaan langsung. Melalui SIMPeL, pengadaan menjadi lebih akuntabel karena APIP juga dapat mengawasi secara langsung detail pengadaan yang diselenggarakan setiap lembaga. Di sisi lain, SIM-Persuratan juga merupakan persuratan berbasis elektronik yang dibangun untuk mempercepat penyampaian informasi dan layanan, meningkatkan kerahasiaan informasi dan efektifitas kerja, selain juga untuk mengakomodir tingginya mobilitas pegawai.

Bapak Mahfud Junaedi menyampaikan keunggulan SIMPeL, SIM Pengadaan Langsung Kemendikbud
Bapak Mahfud Junaedi menyampaikan keunggulan SIMPeL, SIM Pengadaan Langsung Kemendikbud

POS dan E-Office merupakan bentuk pelaksanaan empat dari delapan program area perubahan yang menjadi fokus reformasi birokrasi di lingkungan Kemendikbud, yaitu: manajemen perubahan, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan tata laksana. ***
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI