Itjen Kemendikbud Lakukan Pendampingan Tata Kelola Organisasi bagi PPPPTK PKn dan IPS

Selama lima hari, Inspektorat Jenderal Kemendikbud melakukan pendampingan tata kelola organisasi bagi PPPPTK PKn dan IPS selama lima hari, 8 sampai dengan 13 April 2018. Tata Kelola Organisasi yang dimaksud adalah unit pengelolaan keuangan, sarana prasarana, kepegawaian, dan metode kerja.

Yang hadir sebagai narasumber kegiatan ini adalah:
  1. Ir. Haroid Parningotan Hutapea (Pengendali Teknis)
  2. Undang, S.I.P. (Ketua Tim)
  3. Yahya Sulaiman S.H., M.M. (Anggota)
Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat, tim SPI, staf sarpras, keuangan, kepegawaian, dan program. Metode penyampaian materi dilakukan secara intensif per kelompok unit pengelola di PPPPTK PKn an IPS dalam bentuk Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD). Dengan metode FGD ini, diharapkan narasumber bersama dengan pimpinan dan para pengelola atau penanggung jawab kegiatan dapat bersama-sama membahas tentang tata cara pengelolaan anggaran, sumber daya manusia, dan barang milik negara secara tepat, benar dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dalam acara diskusi terpumpun tersebut, narasumber mengajak pimpinan dan pegawai pada satuan kerja ikut terlibat secara aktif dalam menemukan masalah dan mencari solusi yang tepat dalam mengatasi persoalan yang dihadapi. Narasumber juga memberikan contoh tentang praktik-praktik terbaik (best practices) dalam melakukan pengelolanan anggaran, sumber daya manusia, dan aset atau barang.

Pada tahapan akhir dari kegiatan FGD, kesalahan administrasi, kelemahan struktur organisasi, ketidakcermatan atau ketidaktelitian dalam menuangkan laporan, serta kesalahan prosedur dan hasil-hasil diskusi sebelumnya akan didiskusikan lagi dengan narasumber yang memiliki keahlian pada bidangnya.

Melalui kegiatan pendampingan tata kelola organisasi ini, narasumber yang juga selaku auditor dengan unit pengelola PPPPTK PKn dan IPS sebagai auditee bersama-sama mencari solusi yang tepat terhadap persoalan mengenai tata kelola yang ditemukan supaya di kemudian hari atau pada saat dilakukan audit oleh eksternal satuan kerja tidak menjadi temuan.

Narasumber menyampaikan materi secara intensif melalui diskusi kelompok terpumpun (FGD).

Pembahasan instrumen pengawasan oleh tim SPI PPPPTK PKn dan IPS

Ketua tim Slamet Supriyadi, bersama dengan anggota SPI PPPPTK PKn dan IPS membahas bersama temuan dalam pendampingan tata kelola oleh Itjen ini.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program PPG
    Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024, Kemendidkasmen menyatakan:
  1. . PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan peserta sebanyak 90.487, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta.
  2. Total keseluruhan peserta PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 adalah sebanyak 606.601 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Dan menjadi pelaksanaan Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
  3. PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 menjadi transformasi besar PPG bagi Guru Tertentu dan upaya percepatan sertifikasi guru dengan sasaran lebih besar dan dapat mendukung penuntasan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  4. Kemendikdasmen terus mengupayakan penuntasan sertifikasi bagi 1.3 juta guru dan berharap semua guru di Indonesia telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) paling lambat di tahun 2026
  5. Penyelenggaraan program PPG bagi Guru Tertentu dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan penugasan terstruktur secara daring, tanpa memungut biaya pada peserta atau gratis, karena sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  6. Saat ini, terdapat sekitar 480 ribu guru yang mengikuti seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu yang telah dilaksanakan pada 28 November hingga 20 Desember 2024 melalui aplikasi SIMPKB.
Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. Untuk rekaman presensi KDM, fitur AMBIL FOTO belum dapat dilakukan, demikian juga fitur jam kerja belum disesuikan dengan jam Ramadhan (sedang diperbaiki). Silakan melakukan prosedur sesuai tombol yang muncul.
  5. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI