Resmikan Pusat Sumber Belajar Berbasis Teknologi, Mendikdasmen Ingatkan Peran Guru

Malang, 8 Februari 2025 – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Malang pada Jumat (7/2), Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, berkunjung ke Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FIKIP), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk meresmikan Pusat Sumber Belajar (PSB) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Resmikan Pusat Sumber Belajar Berbasis Teknologi, Mendikdasmen Ingatkan Peran Guru

PSB hadir untuk menjadi sebuah inovasi dan pengembangan pendidikan serta menjadi wadah ideal bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi mereka. Dilengkapi dengan ruang multimedia interaktif, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan mengajar melalui simulasi dan praktik langsung, dengan harapan ide kreatif dapat diwujudkan menjadi media belajar yang inovatif. 

Dalam sambutannya, Menteri Mu’ti menyoroti proses digitalisasi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, terutama di dunia pendidikan. 

“Kita sedang berada big data dictatorship , jika tidak mengusai data maka kita akan ketinggalan. Banyak hal yang kita pelajari tidak lagi relevan karena dunia berubah dengan sangat cepat. Sehingga tidak mungkin kita memisahkan  digitalisasi dengan pekerjaan kita,” ujarnya.

Resmikan Pusat Sumber Belajar Berbasis Teknologi, Mendikdasmen Ingatkan Peran Guru

Sebagai jawaban untuk menyeimbangkan langkah kaki kita menghadapi dunia yang bergerak cepat, diperlukan adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pengajar di bidang teknologi. 

“Karena itu guru harus meningkat keahliannya, tidak bisa guru seperti yang dulu. Empat kompetensi guru seperti kompetensi akademik, sosial, pedagogik, dan moral menurut saya harus ditambah, tidak sekedar kemampuan untuk bagaimana mengajarkan pokok bahasan, tapi juga bagaimana bisa menguasai berbagai macam strategi,” tegas Menteri Mu’ti.

Menteri Mu’ti menyambut baik hadirnya PSB dalam upaya peningkatan kapasitas guru sehingga kompetensi pedagogik pada guru tidak hanya terbatas pada kemampuan menggunakan media, tapi juga menciptakan media. Menurutnya, media pembelajaran yang baik adalah media yang dibuat sendiri oleh guru dan merupakan media pembelajaran yang aktual dan interaktif sehingga memungkinkan guru untuk bisa berinteraksi dengan murid secara nyata.

Namun, terlepas dari kecanggihan teknologi yang mampu dihadirkan dalam pembelajaran, Menteri Mu’ti juga menekankan tentang pentingnya guru untuk hadir dan aktif dalam setiap proses belajar para muridnya. Menurutnya, jika di dalam suatu pembelajaran berbasis teknologi tidak ada kegiatan yang bisa meringkas kegiatan yang telah dipelajari dan hanya mengikuti saja dari layar, tentu hasil belajarnya tidak akan efektif. Itulah mengapa fungsi guru yang tidak hanya bertindak sebagai fasilitator, tapi juga sebagai mentor diperlukan.

Lebih lanjut Menteri Mu’ti mengingatkan bahwa faktor psikologis berupa kedekatan secara personal dengan murid adalah yang tidak akan didapatkan dalam pembelajaran berbasis teknologi, Ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh para guru dalam proses belajar.

“Guru harus bisa menjadi teman bagi muridnya, menjadi orang tua, menjadi pembantu muridnya, tapi yang paling penting, guru bisa menjadi pembimbing bagi muridnya, menjadi teman dalam suka dan duka, itu adalah fungsi guru yang tidak bisa diganti oleh teknologi,” tegas Menteri Mu’ti. 

Berangkat dari keterampilan menghadirkan pendidikan berbasis teknologi, pendidikan yang berfokus pada masa depan juga merupakan arah yang ditempuh Kemendikdasmen untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Cita-cita ini tidak terlepas dari peran besar para guru yang menggerakan roda pendidikan. Kemampuan guru dalam pembelajaran masa kini tidak lagi dilihat dengan bagaimana mereka mentransfer ilmu, tetapi bagaimana ilmu yang diberikan dapat bertransformasi menghasilkan pemahaman yang kompleks dan mendalam bagi pada murid.  

“Kalau transfer, itu a keluarnya a, b keluarnya b, ini tidak cukup dalam konteks pembelajaran masa kini. Proses transformasi ilmu, skill, dan nilai, itulah tugas guru, karena transformasi itu maka yang diberikan a bisa jadi keluarnya a, b, dan c. Sehingga yang diajarkan itu walaupun sedikit, tapi bermakna dan dapat diaplikasikan dalam konteks yang sangat luas.” jelas Menteri Muti. 

Bagaimana mengarahkan seorang murid untuk menguasai prinsip dasar suatu ilmu dan bisa menerapkan ilmunya adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh guru yang juga termuat dalam metode yang disebut deep learning. Menteri Mu’ti menjelaskan bahwa metode deep learning tidak memerlukan banyak pokok pembahasan, tapi menekankan bagaimana materi yang diajarkan itu transformatif dan bisa diterapkan di berbagai konteks kehidupan. 

Resmikan Pusat Sumber Belajar Berbasis Teknologi, Mendikdasmen Ingatkan Peran Guru

Sebelum menutup sambutannya, Menteri Mu’ti membeberkan beberapa langkah yang telah dilakukan Kemendikdasmen dalam mengimbangi kemajuan teknologi di bidang pendidikan yaitu penerapan mata pelajaran coding dan artificial intelligence sebagai mata pelajaran pilihan di sekolah beserta pelatihan bagi guru agar bisa menyesuaikan serta penambahan dua materi baru untuk pelatihan Pendidikan Profesi Guru yang sudah mulai diterapkan sejak November 2024, yaitu bimbingan konseling dan pendidikan nilai.

Di akhir sambutannya, Menteri Mu’ti memberikan pesan penting kepada para mahasiwa FIKIP yang akan menjadi calon guru masa depan. 

“Menggunakan teknologi canggih tetapi minus karakter akan melahirkan penjahat cerdas, inilah bahayanya teknologi digital tanpa karakter, tanpa etika, dan tanpa moralitas. Sehingga penggunaan PSB ini sangat penting, tapi pastikan isinya yang mendukung pembelajaran. Penguasaan teknologi digital penting tapi kesalehan digital itu juga tidak kalah penting,” tutup Menteri Mu’ti.

Rektor UMM, Nazaruddin Malik, menyambut baik kehadiran Menteri Mu’ti dalam acara peresmian PSB. Nazaruddin berharap dengan adanya fasilitas ini, para guru menjadi lebih bersemangat dalam belajar agar dapat memberikan dampak positif di kemudian hari.

“Kita berharap semua jika ada infrastruktur atau fasilitas baru, yang paling penting adalah bagaimana kita membangun energi kita untuk mendayagunakan sebaik-baiknya dan meresapi proses pembelajarannya sehingga bisa mendistribusikan kebahagiaan bagi kita semua dalam menuntut ilmu,” ujarnya.

Menteri Mu’ti melakukan penekanan tombol di ruang virtual sebagai simbol peresmian Pusat Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informatika dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, kemudian acara ditutup dengan penandatanganan prasasti PSB oleh Mendikdasmen, didampingi oleh Rektor UMM, Nazaruddin Malik.

Sumber: Siaran Pers Nomor: 58/sipers/A6/II/2025 Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program PPG
    Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024, Kemendidkasmen menyatakan:
  1. . PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan peserta sebanyak 90.487, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta.
  2. Total keseluruhan peserta PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 adalah sebanyak 606.601 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Dan menjadi pelaksanaan Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
  3. PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 menjadi transformasi besar PPG bagi Guru Tertentu dan upaya percepatan sertifikasi guru dengan sasaran lebih besar dan dapat mendukung penuntasan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  4. Kemendikdasmen terus mengupayakan penuntasan sertifikasi bagi 1.3 juta guru dan berharap semua guru di Indonesia telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) paling lambat di tahun 2026
  5. Penyelenggaraan program PPG bagi Guru Tertentu dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan penugasan terstruktur secara daring, tanpa memungut biaya pada peserta atau gratis, karena sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  6. Saat ini, terdapat sekitar 480 ribu guru yang mengikuti seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu yang telah dilaksanakan pada 28 November hingga 20 Desember 2024 melalui aplikasi SIMPKB.
Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. Untuk rekaman presensi KDM, fitur AMBIL FOTO belum dapat dilakukan, demikian juga fitur jam kerja belum disesuikan dengan jam Ramadhan (sedang diperbaiki). Silakan melakukan prosedur sesuai tombol yang muncul.
  5. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI