Kemendikdasmen Perkuat Kapasitas Pendidik dalam Mengimplementasikan SPAB di Satuan Pendidikan

Jakarta, 27 Juli 2025 - Penguatan sistem pelindungan anak dan kesiapsiagaan bencana di lingkungan satuan pendidikan terus dilakukan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) secara menyeluruh dan berkelanjutan. Program ini turut mendorong peningkatan kapasitas pendidik melalui forum berbagi praktik baik, salah satunya melalui webinar SPAB Seri 4 bertema “Guru Hebat: Punya SOP Kedaruratan dan Melakukan Simulasi di Sekolah” yang melibatkan ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 

webinar SPAB Seri 4 Guru Hebat Punya SOP Kedaruratan dan Melakukan Simulasi di Sekolah

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Pendidikan Guru (Dirjen GTK PG), Nunuk Suryani dalam kesempatan berbeda mengatakan bahwa pendidikan pengurangan risiko bencana di sekolah menjadi penting untuk dilakukan. Guru sebagai garda terdepan harus membekali para murid tentang pengetahuan kebencanaan supaya sekolah bisa lebih siap dalam memitigasi risiko kejadian. “Ibu/Bapak guru adalah garda terdepan dalam meningkatkan pengetahuan murid terkait pengurangan risiko bencana terutama apa saja yang harus dilakukan mulai dari sebelum, saat, dan sesudah terjadinya bencana. Apa yang kita sebagai guru bisa lakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi di sekolah,” jelasnya. 

Direktur Guru Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto, menegaskan bahwa penguatan Standard Operating Procedure (SOP) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan prosedur operasional standar mengenai kedaruratan dan pelaksanaan simulasi bencana secara berkala merupakan komponen penting dalam membangun sistem pendidikan yang aman dan tangguh. Setiap satuan pendidikan di Indonesia memiliki SOP kedaruratan yang relevan dengan risiko di lingkungan masing-masing, dan melaksanakan simulasi secara berkala.

webinar SPAB Seri 4 Guru Hebat Punya SOP Kedaruratan dan Melakukan Simulasi di Sekolah

“Ini bukan sekadar pelatihan teknis, tetapi bentuk nyata dari cinta dan perlindungan kita terhadap anak-anak Indonesia,” ujar Rachmadi saat membuka kegiatan (23/7). Melalui program ini, guru, kepala sekolah, dan komunitas sekolah didorong untuk membangun budaya aman, mengenali risiko, serta menyiapkan respons terpadu dalam situasi krisis.

Kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi kunci keberhasilan program ini. Dalam kesempatan yang sama, Project Manager Plan Indonesia selaku mitra pelaksana program SPAB, Muhammad Juarsa, menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas pendidikan, dinas sosial, dan masyarakat sipil untuk memperluas jangkauan SPAB. Ia juga menyoroti bahwa SPAB tidak hanya fokus pada bencana alam, tetapi juga mencakup perlindungan anak dari kekerasan dan perundungan di sekolah.

webinar SPAB Seri 4 Guru Hebat Punya SOP Kedaruratan dan Melakukan Simulasi di Sekolah

Fasilitator SPAB dari berbagai provinsi juga berbagi pengalaman dalam penyusunan dan pelaksanaan SOP kedaruratan. Ni Putu Nita Anggraini, fasilitator dari Bali, menyoroti pentingnya siswa berkebutuhan khusus mengetahui simulasi bencana. Ia menilai, edukasi SPAB bisa diintegrasikan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS). Sementara itu, fasilitator nasional, M. Andrianto menekankan perlunya evaluasi berkala terhadap SOP sebagai bagian dari pengembangan budaya aman di sekolah.

Webinar juga menyoroti isu perlindungan anak dari kekerasan di lingkungan sekolah. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk DIY, Erlina Hidayati Sumardi, mengingatkan pentingnya pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di setiap sekolah, serta sistem pelaporan yang ramah anak dan mudah diakses.

Pelibatan berbagai pihak terkait dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman bagi anak sangat dibutuhkan. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan adalah kunci untuk menciptakan sekolah yang tidak hanya aman dari bencana alam, tetapi juga dari kekerasan dan ancaman lainnya. Karena itu, SPAB menjadi salah satu langkah penting untuk mewujudkan visi tersebut, agar setiap anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman, nyaman, dan tangguh. ***

Sumber: Siaran Pers Nomor: 390/sipers/A6/VII/2025 Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program PPG
    Sehubungan dengan pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024, Kemendidkasmen menyatakan:
  1. . PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan peserta sebanyak 90.487, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta.
  2. Total keseluruhan peserta PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 adalah sebanyak 606.601 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Dan menjadi pelaksanaan Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
  3. PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 menjadi transformasi besar PPG bagi Guru Tertentu dan upaya percepatan sertifikasi guru dengan sasaran lebih besar dan dapat mendukung penuntasan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  4. Kemendikdasmen terus mengupayakan penuntasan sertifikasi bagi 1.3 juta guru dan berharap semua guru di Indonesia telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik) paling lambat di tahun 2026
  5. Penyelenggaraan program PPG bagi Guru Tertentu dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan penugasan terstruktur secara daring, tanpa memungut biaya pada peserta atau gratis, karena sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  6. Saat ini, terdapat sekitar 480 ribu guru yang mengikuti seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu yang telah dilaksanakan pada 28 November hingga 20 Desember 2024 melalui aplikasi SIMPKB.
Perpindahan KS Sekolah Penggerak
  1. Membuat Berita Acara difasilitasi oleh Dinas.
  2. Dinas berkoordinasi dengan BBPMP Jatim dengan membuat surat (dilampiri BA) dialamatkan kepada Dirjen PDM tembusan ke Kepala BBPMP Jatim dan Kepala BBGP Jatim.
  3. BBPMP Jatim akan memberikan link usulan perubahan KS tsb.
  4. Setelah disetujui dan keluar SK dari Dirjen PDM, Tim Kerja PSP di Dit. KSPS dan Tendik akan memberikan informasi ke TIm Pengembang SimPKB agar KS baru tsb disinkronkan ke Program Sekolah Penggerak di SimPKB.
  5. Laporan PMO oleh KS khusus bulan Agustus, terakhir tanggal 20 September 2023.
Sekolah Penggerak (03/05/2023)
  1. Ploting FSP dengan sekolah dampingan sedang proses dikerjakan.
  2. Penyamaan persepsi FSP seluruhnya dilakukan oleh Direktorat sehingga undangan dll. akan disampaikan oleh direktorat.
  3. Di wilayah lain juga sedang proses ploting, dan penugasan sebagai NS Pelatihan KP menunggu selesainya kegiatan Penyamaan persepsi FSP tersebut.
Pengelolaan Kinerja PMM (09/01/2024)
  • Perencanaan Pengelolaan Kinerja dapat dilakukan hingga 31 Januari 2024. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap Pelaksanaan. Jadi, Anda masih memiliki waktu untuk memahami langkahnya dan mendiskusikan rencana kinerja Anda bersama kepala sekolah.

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI