Mendikbud: Penataan OTK Agar Organisasi Lebih Ramping dan Lincah Melayani Masyarakat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali melakukan penataan jajaran pejabat pimpinan tinggi utama, administrator, dan pengawas di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 210 pejabat dilantik ke dalam jabatan baru, terdiri dari 208 orang pejabat struktural dan 2 orang pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP).

"Pelantikan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari perubahan struktur organisasi dan tata kerja pada beberapa unit di kementerian," demikian disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutannya, di Plaza Insan Berprestasi, gedung A Kemendikbud, Jakarta, Senin (4/6/2018).
Pada tanggal 30 November 2011, M. Qudrat Wisnu Aji, S.E, M.Ed. Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan diangkat menjadi Kepala Biro Umum Kemendikbud. Beliau digantikan oleh Drs. M. Muhadjir, M.A. yang sebelumnya adalah Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. (foto: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa)

Beberapa unit kerja dihilangkan agar organisasi lebih ramping dan lincah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, sedangkan tour of duty dan tour of area terus digalakkan Mendikbud demi penyegaran dan peningkatan kompetensi para pejabat di lingkungan Kemendikbud agar mampu memahami permasalahan di unit yang berbeda-beda.

"Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan jasa-jasanya selama melaksanakan tugas jabatan," ujar Mendikbud.

Mendikbud melantik Sutanto sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Sesditjen Dikdasmen). Dyah Ismayanti dilantik sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal. Pelantikan kembali Kepala Biro Kepegawaian menjadi Kepala Biro SDM sejalan dengan penyesuaian organisasi dan tata kerja (OTK) Kemendikbud yang baru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 11 Tahun 2018. M. Qudrat Wisnu Aji dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Bambang Winarji yang sebelumnya menjabat Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah dilantik sebagai Direktur Tenaga Kependidikan. Sri Renani Pantjastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dilantik sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Thamrin Kasman yang sebelumnya menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, hari ini dilantik sebagai Inspektur II di Inspektorat Jenderal.

Mendikbud juga melantik pejabat fungsional Nelwan Isa dan Didik Wira Samodra sebagai Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Madya.

"Ciptakan kepemimpinan yang menyejukkan dan demokratis, sehingga menumbuhkan kreativitas dan produktivitas kerja," pesan Mendikbud di akhir sambutannya.
No.
Nama
Jabatan Lama
Jabatan Baru
1. Sutanto Kabiro Umum Sesditjen Dikdasmen
2. Dyah Ismayanti Kabiro Kepegawaian Kabiro SDM
3. M. Qudrat Wisnu Aji Kabiro Keuangan Sesditjen GTK
4. Bambang Winarji Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen  Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan
5. Thamrin Kasman Sesditjen Dikdasmen Inspektur II
6. Sri Renani Pantjastuti  Direktur Pembinaan Guru Dikmen  Direktur Pembinaan Guru Dikmen dan Diksus
Sumber :
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/mendikbud-penataan-organisasi-dan-tata-kerja-agar-organisasi-lebih-ramping-dan-lincah
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI