Lokakarya Komunitas Belajar PSP Angkatan 2 Jatim: Siap Bangun Kombel untuk Pendidikan Berkualitas

BBGP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 di wilayah Jawa Timur pada 3, 4, dan 17 Februari 2024. Sasaran lokakarya ini berjumlah total 3.224 peserta, terdiri dari 923 kepala Sekolah, 1.846 guru komite pembelajaran, dan 455 pengawas sekolah yang berasal dari 18 kabupaten/kota, yaitu Kab. Bangkalan, Kab. Blitar, Kab. Gresik, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kab. Madiun, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pasuruan, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Probolinggo, dan Kota Surabaya. Lokakarya ini bertujuan untuk mengasah kompetensi pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru dalam perencanaan pengembangan komunitas belajar di satuan pendidikan.
Lokakarya Komunitas Belajar PSP Angkatan 2 Jatim: Siap Bangun Kombel untuk Pendidikan Berkualitas
Materi kegiatan disampaikan dengan alur MERRDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaboarasi Pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi Nyata.

Pada tahap awal, peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait dengan komunitas belajar di satuan pendidikan kemudian mendiskusikannya dengan panduan fasilitator. Pada tahap selanjutnya, fasilitator menjelaskan materi dan konsep komunitas belajar kemudian peserta membuat refleksi terkait materi pembelajaran yang telah diterima.
Peserta melakukan diskusi tentang pengembangan komunitas belajar dalam satuan pendidikan
Dalam ruang kolaborasi, peserta mendiskusikan bagaimana mengembangkan komunitas belajar dalam satuan pendidikan, kemudian melakukan refleksi mengenai tantangan apa saja yang terjadi dalam pengembangannya dengan arahan fasilitator.

Selanjutnya peserta membuat rencana pengembangan komunitas belajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan satuan pendidikan kemudian saling berbagi hasil pembuatan rencana pengembangan komunitas belajar, mendiskusikannya. Berdasarkan umpan balik selama diskusi, peserta merevisi rencana pengembangan komunitas belajar yang telah disusun.
Peserta melakukan refleksi mengenai tantangan yang mungkin terjadi
Pada sesi akhir, peserta melakukan diskusi dan membuat kesimpulan terkait pembelajaran yang telah diperoleh hari ini, kemudian membuat rencana aksi nyata perencanaan pengembangan komunitas belajar.

Komunitas belajar dibangun di sekolah untuk menumbuhkan budaya belajar bersama, berbagi praktik baik, dan berdiskusi untuk memecahkan masalah/tantangan belajar peserta didik secara berkelanjutan, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. ***
Penulis: Abdul Rahman
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI