Mutakhirkan Relevansi Program Pengembangan dan Pemberdayaan, BBGP Jatim Susun Instrumen Pemetaan Kompetensi Guru, KS, dan PS

BBGP Provinsi Jawa Timur mengadakan Workshop Penyusunan Draf Instrumen Pemetaan kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Provinsi Jawa Timur di Savana Hotel & Convention, 5 sampai dengan 8 Maret 2024. Workshop ini melibatkan 90 peserta aktif dari unsur Guru Penggerak, Kepala Sekolah Aktor PGP, dan Pengawas Sekolah Aktor PGP seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta pegawai BBGP Provinsi Jawa Timur. Para peserta bekerja sama mengembangkan definisi konseptual dan kontekstualiasasi sub-sub indikator kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berbasis Situational Judgment Test (SJT), kemudian menyusun dan menelaah draf instrumen pemetaan kompetensinya dan menyusun rencana tindak lanjut finalisasinya.

Workshop Penyusunan Draf Instrumen Pemetaan kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah BBGP Jatim

Tahapan awal pemetaan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yaitu analisis kebutuhan dan bedah indikator model kompetensi telah dilakukan oleh BBGP Provinsi Jawa Timur dalam workshop yang dilaksanakan pada tanggal 20-23 Februari 2024 di Hotel Atria Kota Malang. Workshop tersebut menghasilkan tersebut telah menghasilkan definisi operasional (indikator perilaku) dan kontekstualisasi (bukti dukung) untuk setiap sub-sub indikator kompetensi teknis model kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah beserta kisi-kisi instrumen pemetaan kompetensinya.

Workshop Penyusunan Draf Instrumen Pemetaan kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah BBGP Jatim

Setelah memperoleh hasil kisi-kisi definisi operasional dan kontekstualisasi sub-sub indikator, BBGP Jatim melalui workshop ini melangkah ke tahapan selanjutnya yaitu menyusun instrumen pemetaan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas dengan menggunakan model Situational Judgment Test (SJT) yang diharapkan mampu memberikan gambaran situasi nyata kebutuhan pengembangan kompetensi di lapangan.

Workshop Penyusunan Draf Instrumen Pemetaan kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah BBGP Jatim 2

Pemetaan kompetensi menjadi kebutuhan mendesak bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Hasil dari pemetaan kompetensi dapat menjadi acuan rekomendasi bagi mereka untuk merefleksikan, merencanakan, dan melakukan pengembangan diri, pengembangan kompetensi berkelanjutan, serta pengembangan karier. Bagi BBGP Provinsi Jawa Timur, pemetaan kompetensi ini menjadi asesmen awal agar program pengembangan dan pemberdayaan yang akan dirancang relevan sesuai kebutuhan di lapangan sekaligus sinkron dengan indikator model kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. ***

Penulis: Tricahyo A.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI