Dari Berbagi ke Aksi, Lokakarya Komunitas Belajar PSP Jatim Bangun Budaya Belajar Bersama Berkelanjutan

Sebanyak 3.245 peserta yang terdiri dari kepala sekolah penggerak bersama guru komite pembelajaran dan pengawas sekolah dari 18 kabupaten/kota di Jawa Timur mengikuti Lokakarya Komunitas Belajar 2 Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2 yang diselenggarakan BBGP Provinsi Jawa Timur (BBGP Jatim) pada Sabtu dan Minggu (2 dan 3 Maret 2024). Dalam lokakarya ini, para peserta mengembangkan komunitas belajar sekolahnya untuk membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan. Tumbuhnya budaya belajar antarguru bersama kepala sekolah di satuan pendidikan melalui komunitas belajar diharapkan akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Lokakarya Komunitas Belajar 2 PSP 2 Jawa Timur

Fariziah Choirunisah, penanggung jawab kegiatan di Kabupaten Lumajang, menegaskan pentingnya komunitas belajar di satuan pendidikan. "Komunitas belajar menjadi wadah penting bagi para pemangku kepentingan di satuan pendidikan untuk saling berbagi ide, pengalaman, dan praktik terbaik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran," ungkapnya.

Dengan difasilitasi para praktisi pendidikan yang berpengalaman dari berbagai instansi, para peserta mulai bekerja sama melakukan langkah-langkah pengembangan komunitas belajarnya. Pertama, peserta melakukan refleksi apa saja yang telah dilakukan untuk mengembangkan komunitas belajar di sekolahnya dan mendiskusikannya bersama peserta lain. Kemudian, mereka mengeksplorasi kembali konsep komunitas belajar dengan materi yang ditayangkan fasilitator. Dari sana, peserta mendiskusikan apa saja peluang dan mengantisipasi apa saja tantangan yang mungkin terjadi dalam pengembangan komunitas belajar. 

Lokakarya Komunitas Belajar 2 PSP 2 Jawa Timur 2

Dalam sesi demonstrasi kontekstual hingga rencana aksi nyata, peserta membuat rencana pengembangan komunitas belajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan satuan pendidikan. Setelah disusun, rencana tiap-tiap satuan pendidikan dipresentasikan dan didiskusikan di kelas untuk mendapatkan umpan balik dan direvisi jika diperlukan. Hasil pembelajaran yang telah diperoleh kemudian dikoneksikan untuk disimpulkan sebelum kemudian membuat rencana aksi nyata perencanaan pengembangan komunitas belajarnya masing-masing.

Dalam lokakarya sehari ini, kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama peserta sangat dinantikan para peserta. Antusiasme para peserta terlihat jelas selama lokakarya berlangsung. Vera Dewi Susanti, salah satu fasilitator di Kabupaten Lumajang, mengungkapkan bahwa peserta sangat aktif sekali. 

"Mereka bersemangat menyampaikan ide dan bertukar pendapat dengan peserta lain," ujarnya.

Lokakarya Komunitas Belajar 2 PSP 2 Jawa Timur4

Hal itu diamini oleh Ika Fransisca Salma, peserta dari TK Dharma Wanita Kabuaran, Lumajang. 

"Saya lihat teman-teman antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ada yang belum membuat SK komunitas belajar, dan di sini kita bisa saling kolaborasi dan sharing, sehingga nanti bisa langsung menindaklanjuti di satuan pendidikannya masing-masing," tutur Ika.

Lokakarya Komunitas Belajar 2 PSP 2 Jawa Timur

Lokakarya Pengembangan Komunitas Belajar merupakan salah satu lokakarya dalam Program Sekolah Penggerak (PSP) yang digagas Kemendikbudristek. BBGP Jatim sebagai unit pelaksana teknis Kemendikbudristek mempunyai tugas melaksanakannya di wilayah Jawa Timur. PSP merupakan program pengembangan dari kebijakan Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Program ini terdiri dari lima jenis intervensi yang saling terkait dan tak terpisahkan untuk mengakselarasi sekolah bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu tiga tahun ajaran: penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, digitalisasi sekolah, dan pendampingan konsultatif dan asimetris. Pengembangan komunitas belajar merupakan intervensi dalam bidang penguatan SDM sekolah sekaligus pembelajaran dengan paradigma baru. ***

Penulis: A. Rahman

Penyunting: Tricahyo A.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI