Sosialisasi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Analisis Kebutuhan Diklat bagi Pegawai BBGP Jatim

Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur (BBGP Jatim) mengadakan kegiatan Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) bagi Pegawai BBGP Jatim  di Gedung Proklamasi, Senin (04/03/2024). Sebanyak 77 pegawai diundang sebagai peserta, 57 di antaranya adalah pegawai BBGP Jatim yang menjabat jabatan fungsional tertentu, terdiri dari terdiri dari 22 widyaiswara, 34 pengembang teknologi pembelajaran, dan satu orang widyaprada. 

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Kegiatan dibuka dengan pemaparan laporan panitia yang disampaikan oleh ketua panitia dan pemaparan kebijakan Kemdikbudristek yang disampaikan oleh Kepala BBGP Jatim. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan “Materi Konversi Angka Kredit Jabatan dan Fungsional” yang disampaikan oleh pemateri dari Biro SDM Kemdikbudristek. 

Pemateri menyampaikan bahwa konversi angka kredit jabatan dan fungsional tersebut digunakan untuk melakukan kenaikan pangkat dan jabatan. Pangkat dan jabatan tersebut dibagi menjadi dua, yaitu jabatan fungsional terampil dan jabatan fungsional ahli. Jabatan fungsional terampil dimulai dengan pelaksana pemula, pelaksana, pelaksana lanjutan, hingga penyelia. Dan jabatan fungsional ahli dimulai dengan ahli pertama, ahli muda, ahli madya, hingga ahli utama. Materi konversi tersebut bertujuan supaya para pegawai BBGP Jatim mampu melakukan konversi sesuai dengan alur konvesi dan regulasi yang berlaku. 

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Setelah mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Biro SDM Kemdikbudristek, para peserta sosialisasi dipersilahkan melakukan praktek simulasi pengisian angka kredit jabatan fungsional. Dalam sesi ini muncul berbagai pertanyaan dari para peserta, banyak masukan-masukan yang disampaikan para peserta, hingga terjadilah interaksi antara peserta dan narasumber. Interaksi ini menjadi pembuka adanya topik yang lebih luas, sehingga kegiatan tersebut berjalan cukup intens.

Sosialisasi Konversi Angka Kredit, Tugas Belajar, dan Training Need Analysis (TNA) Bagi Pegawai di Lingkungan BBGP Provinsi Jawa Timur

Kegiatan dilanjutkan setelah ishoma dengan pemaparan materi selanjunya yang disampaikan oleh Biro SDM Kemdikbudristek tentang Training Need Analysis (TNA). Tujuan dari TNA sendiri adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan tuntutan kinerja di dalam organisasi agar membantu mengarahkan sumber daya kepada bidang yang amat membutuhkan, yang amat erat dengan pencapaian sasaran dan tujuan organisasi, peningkatan produktivitas, dan penyediaan produk dan jasa yang berkualitas. Dalam materinya, narasumber memaparkan bahwa ada tiga jenis analisis, yaitu task analysis, person analysis, organizational analysis

Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Prokalamasi tersebut diakhiri dengan refleksi dan penutupan. Refleksi yang dilakukan narasumber bertujuan supaya para peserta mengulang memori dan mengingat ulang materi yang telah disampaikann sejak pagi hari. Dan peserta mampu melaksanakan prakteknya dengan baik dan benar sesuai alur dan regulasi yang ada. ***

Oleh: Galang Faisal Iqbal Subchaniyah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI