Dalami Pembelajaran Berdiferensiasi, MGMP IPS SMP Kabupaten Lumajang Belajar ke BBGP Jawa Timur

Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur (BBGP Jatim) menerima kunjungan 60 anggota MGMP IPS Kabupaten Lumajang, Rabu (06/03/2024). Ketua MGMP IPS Kabupaten Lumajang, Jihad Irfan Maulana, selaku ketua rombongan menyampaikan tujuan kunjungan studi berformat Bimbingan Belajar ini adalah untuk memperdalam wawasan tentang Kurikulum Merdeka para anggotanya khususnya tentang pembelajaran berdiferensiasi. 

“Semoga jalinan kerja sama kemitraan ini terus berjalan dengan baik, supaya memperkuat kompetensi kurikulum kami”, ujarnya.

Pembelajaran Berdiferensiasi Kunjungan Studi MGMP IPS Kab. Lumajang

Kepala Bagian Umum BBGP Jatim, M. Nasikh Lil Sidi, menyambut dan mengapresiasi kunjungan komunitas belajar tersebut. Nasikh mengungkapkan bahwa gelombang perubahan zaman mengubah gaya hidup termasuk dalam bidang pendidikan, sehingga perlu adanya pembelajaran berdiferensiasi. Ia juga berharap manfaat dan inspirasi yang diperoleh dari BBGP Jatim dapat dibagikan ke orang lain. 

MGMP IPS SMP Kabupaten Lumajang Adakan Lokakarya Pembelajaran Materi Berdiferensiasi ke BBGP Jawa Timur

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi yang disampaikan oleh Aris Riyadi, widyaiswara BBGP Jatim. Mengawali presentasinya, ia mengajak para peserta untuk melakukan refleksi terlebih dahulu.

“Belajar tanpa refleksi, berbahaya. Dan refleksi tanpa belajar, sia-sia”, pesan Aris.

Widyaiswara yang berlatar belakang guru berprestasi dan inovatif itu mengemukakan satu ilustrasi untuk disimpulkan oleh peserta tentang apa pembelajaran berdiferensiasi itu. Berbagai jawaban muncul dari para peserta tentang definisinya. 

Lihat profil narasumber: Blog Aris Riyadi 

Aris Riyadi Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Kunjungan Studi MGMP IPS Kab. Lumajang

Pembelajaran berdiferensiasi menjadi model pembelajaran yang digunakan pada Kurikulum Merdeka karena tiap-tiap murid memiliki bakat, minat, dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang hobinya bermain sepak bola, membaca puisi, menulis puisi, melukis, dan sebagainya. Oleh karena itu, di samping lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman, penerapan Kurikulum Merdeka juga perlu didukung dengan pembelajaran yang berdiferensiasi berdasarkan minat, kesiapan, dan kebutuhan profil belajar murid.

Unduh Materi Paparan: Materi Pembelajaran Berdiferensiasi - Aris Riyadi

Minat, kesiapan, dan kebutuhan profil belajar murid yang berbeda-beda dalam pembelajaran berdiferensiasi diantisipasi dengan perencanaan secara proaktif dan menerapkan beragam pendekatan pada tiga hal: konten, proses, dan produk. Guru dapat menentukan bagaimana tiga aspek ini akan dilaksanakan di dalam pembelajaran di kelas. Diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Diferensiasi proses merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang memungkinkan mereka untuk berlatih memahami konten. Diferensiasi produk merujuk pada strategi membedakan hasil pekerjaan/unjuk kerja yg harus ditunjukkan oleh murid.  

“Ibarat pengukir kayu, Bapak/Ibu silahkan mengukir anak muridnya dengan indah, karena Bapak/Ibu sedang mengukir masa depan bangsa Indonesia,” pungkas Aris. 

Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Kunjungan Studi MGMP IPS Kab. Lumajang

Kabupaten Lumajang aktif mengirimkan anggota komunitas belajar antarsekolahnya dengan  ke BBGP Jatim untuk kegiatan peningkatan kompetensi. Sebelumnya kunjungan MGMP IPS SMP, tahun ini tercatat telah dua kali kunjungan MGMP dari Kabupaten Lumajang, yaitu MGMP Matematika SMP pada 18 Januari 2024 dan MGMP Bahasa Inggris SMP  pada 6 Februari 2024.

“Kami berangkat pukul tiga pagi dari Lumajang untuk melakukan kunjungan ke sini,” ungkap salah satu peserta menunjukkan keseriusan para guru dan tenaga kependidikan Kabupaten Lumajang memperbarui wawasannya. ***

***

Oleh: Galang Faisal Iqbal Subchaniyah

Penyunting: Tricahyo A.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Update Informasi

Pemberitahuan Penting: Penerapan Two-Factor Authentication (2FA) di Dapodik

Dalam rangka meningkatkan keamanan serta menghindari kebocoran data pengguna satuan pendidikan dan GTK, bersama ini kami informasikan bahwa:

  1. Mulai tanggal 15 September 2025, fitur Two-Factor Authentication (2FA) akan diberlakukan secara wajib pada seluruh akun Dapodik (tidak tersedia opsi Aktifkan Nanti).
  2. Seluruh pengguna wajib mengaktifkan 2FA untuk dapat mengakses Aplikasi Dapodik.
  3. ⁠⁠Demi keamanan, pengguna diharapkan untuk mengubah password secara berkala dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  4. Ubah password akun operator satuan pendidikan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, melalui Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.
  5. Jika akun operator sekolah diubah, maka operator satuan pendidikan perlu melakukan install ulang Aplikasi Dapodik serta registrasi ulang menggunakan akun dan prefill terbaru.
  6. Ubah password akun GTK dilakukan melalui operator satuan pendidikan, melalui Manajemen Satuan Pendidikan. Panduan Ubah Password GTK dapat dicek DI SINI.
  7. ⁠Panduan Penggunaan Google Authenticator pada SSO Dapodik dapat dicek DI SINI.

Mohon perhatian Bapak/Ibu untuk segera menyesuaikan agar akses ke Aplikasi Dapodik tetap berjalan lancar.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Tim Dapodik

Info Internal

SKP dan Kehadiran
  1. Rekap data presensi dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Setiap Awal Bulan.
  2. Apabila ada ketidaksesuaian data, mohon segera konfirmasi ke bagian Subpokja Tatalaksana dan Kepegawaian sebelum tanggal 3 di awal bulan.
  3. Selama bulan Ramadhan, presensi masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.
  4. DL (Dinas Luar) : Tidak Melakukan perekaman Absensi KDK/KDM pada Asigo/mesin finger
  5. DD (Dinas Dalam) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  6. DO (Dinas Online/Daring) : Melakukan perekaman Absensi sesuai jadwal KDK/KDM
  7. PIKET : Melakukan perekaman Absensi KDK
  8. NB:- Dimohon dapat menaati jadwal KDK/KDM/PIKET dari Tim Kerja yang telah disampaikan ke Tim Kerja Kepegawaian; - Dimohon tidak melakukan tukar menukar jadwal sesama pegawai; - Data Kehadiran yang kami sampaikan ke bagian keuangan adalah dari sistem, jadi pegawai dapat mengecek secara berkala kehadiran masing-masing. Terima kasih kami sampaikan atas bantuan dan kerja samanya🙏🏻 Admin Kehadiran-Tim Kerja TLK
  9. Dimohon untuk mengisi Log Harian setiap hari.
catatan:
  • pengecekkan kehadiran pada laman kehadiran GTK dilakukan setiap hari diatas pukul 13.00 WIB;
  • dimohon dapat berkonfirmasi, apabila ada yang belum sesuai dengan kehadirannya;
  • Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan kepada admin kehadiran masing-masing kantor (Admin Kehadiran Kantor Batu/Admin Kehadiran Kantor Sidoarjo);
  • dimohon Pokja menginformasikan kepada Kepegawaian terkait kepanitian apabila ada update nama-nama petugas yang ditunjuk/diganti.

Logo RBI